Update PETUNJUKPENGGUNAAN.md

master
Rifki Sadikin 6 years ago
parent 663645d457
commit c3655a039d
  1. 26
      PETUNJUKPENGGUNAAN.md

@ -48,11 +48,11 @@ module load cuda
## Instalasi ## Instalasi
Untuk menginstall pustaka PoissonSolver3D lakukan langkah-langkah berikut: Untuk menginstall pustaka PoissonSolver3D lakukan langkah-langkah berikut:
1. Jalankan git clone untuk menyalin kode sumber ke direktori local. Perintah ini akan menyalin kode sumber ke direktori **PoissonSolver3D** 1. Jalankan git clone untuk menyalin kode sumber ke direktori local. Perintah ini akan menyalin kode sumber ke direktori **PoissonSolver3D**
``` ```
$ git clone http://gitlab.lipi.go.id/rifki.sadikin/PoissonSolver3DCylindricalGPU.git $ git clone http://gitlab.lipi.go.id/rifki.sadikin/PoissonSolver3DCylindricalGPU.git
``` ```
2. Pindah ke direktori PoissonSolver3DCylindricalGPU, dan lihat daftar direktori 2. Pindah ke direktori PoissonSolver3DCylindricalGPU, dan lihat daftar direktori
``` ```
$ cd PoissonSolver3DCylindricalGPU $ cd PoissonSolver3DCylindricalGPU
$ tree . $ tree .
@ -73,15 +73,15 @@ $ tree .
|-- PETUNJUKPENGGUNAAN.md |-- PETUNJUKPENGGUNAAN.md
`-- README.md `-- README.md
``` ```
3. Buatlah folder **buildpoissonsolver** di luar direktori kode sumber 3. Buatlah folder **buildpoissonsolver** di luar direktori kode sumber
```console ```console
$ mkdir $HOME/buildpoissonsolver $ mkdir $HOME/buildpoissonsolver
``` ```
4. Pindah ke folder **buildpoissonsolver** 4. Pindah ke folder **buildpoissonsolver**
```console ```console
$ cd $HOME/buildpoissonsolver $ cd $HOME/buildpoissonsolver
``` ```
5. Jalankan **cmake** di folder **buildpoissonsolver** dengan menyatakan di mana pustaka akan diinstal dengan perintah sebagai berikut 5. Jalankan **cmake** di folder **buildpoissonsolver** dengan menyatakan di mana pustaka akan diinstal dengan perintah sebagai berikut
```console ```console
$ export PSLIB=/home/usertest/trypoissonsolver/PoissonSolver3DCylindricalGPU $ export PSLIB=/home/usertest/trypoissonsolver/PoissonSolver3DCylindricalGPU
@ -141,9 +141,6 @@ Hasil instalasi adalah sebuah pustaka yang dapat digunakan (**shared library**)
Dalam folder **example** di struktur direktori sumber terdapat contoh penggunaan pustaka libpoissonsolvergpu.so dengan menggunakan **cmake**. Berikut ini langkah-langkahnya: Dalam folder **example** di struktur direktori sumber terdapat contoh penggunaan pustaka libpoissonsolvergpu.so dengan menggunakan **cmake**. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Buat file **CMakeLists.txt** dengan struktur sebagai berikut untuk menambahkan pustaka cuda (**libcuda.so**) dan pustaka PoissonSolver3DCylindricalGPU (**libPoissonSolver3DCylindricalGPU.so**) pada proyek cmake: 1. Buat file **CMakeLists.txt** dengan struktur sebagai berikut untuk menambahkan pustaka cuda (**libcuda.so**) dan pustaka PoissonSolver3DCylindricalGPU (**libPoissonSolver3DCylindricalGPU.so**) pada proyek cmake:
```cmake ```cmake
cmake_minimum_required (VERSION 2.8.11) cmake_minimum_required (VERSION 2.8.11)
project (3DPoissonSolverGPUTest) project (3DPoissonSolverGPUTest)
@ -172,7 +169,6 @@ string(FIND ${PSLIB} "-NOTFOUND" PSLIB_NOTFOUND )
if(PSLIB_NOTFOUND GREATER -1) if(PSLIB_NOTFOUND GREATER -1)
message( FATAL_ERROR "Poisson Solver Cuda Library libPoissonSolver3DCylindricalGPU.o not found" ) message( FATAL_ERROR "Poisson Solver Cuda Library libPoissonSolver3DCylindricalGPU.o not found" )
endif(PSLIB_NOTFOUND GREATER -1) endif(PSLIB_NOTFOUND GREATER -1)
``` ```
Setelah itu, baru tambahkan perintah pada CMakeLists.txt (dilanjutkan) untuk mengikut sertakan kode sumber user yaitu: Setelah itu, baru tambahkan perintah pada CMakeLists.txt (dilanjutkan) untuk mengikut sertakan kode sumber user yaitu:
@ -191,13 +187,9 @@ add_executable(${TARGET_NAME}
# ikut sertakan shared library cuda dan poisson solver # ikut sertakan shared library cuda dan poisson solver
target_link_libraries(${TARGET_NAME} ${PSLIB} ${LIBCUDA_SO_PATH}) target_link_libraries(${TARGET_NAME} ${PSLIB} ${LIBCUDA_SO_PATH})
``` ```
2. Pada kode sumber include header file sehingga definisi fungsi dan kelas dapat dipanggil di badan kode. 2. Pada kode sumber include header file sehingga definisi fungsi dan kelas dapat dipanggil di badan kode.
```c++ ```c++
#include "PoissonSolver3DCylindricalGPU.h" #include "PoissonSolver3DCylindricalGPU.h"
... ...
// create poissonSolver // create poissonSolver
PoissonSolver3DCylindricalGPU *poissonSolver = new PoissonSolver3DCylindricalGPU(); PoissonSolver3DCylindricalGPU *poissonSolver = new PoissonSolver3DCylindricalGPU();
@ -207,8 +199,6 @@ poissonSolver->SetStrategy(PoissonSolver3DCylindricalGPU::kMultiGrid);
poissonSolver->SetCycleType(PoissonSolver3DCylindricalGPU::kFCycle); poissonSolver->SetCycleType(PoissonSolver3DCylindricalGPU::kFCycle);
poissonSolver->PoissonSolver3D(VPotential,RhoCharge,kRows,kColumns,kPhiSlices, kIterations,kSymmetry) ; poissonSolver->PoissonSolver3D(VPotential,RhoCharge,kRows,kColumns,kPhiSlices, kIterations,kSymmetry) ;
``` ```
3. Buat folder terpisah untuk mebangun proyek yang menggunakan pustaka misal **buildexamplepoissonsolver** lalu jalankan **cmake** dengan flag spesial yaitu **-DCMAKE_PREFIX_PATH** yang ditetapkan dengan absolute path tempat direktori PoissonSolver3DCylindricalGPU dibangun. 3. Buat folder terpisah untuk mebangun proyek yang menggunakan pustaka misal **buildexamplepoissonsolver** lalu jalankan **cmake** dengan flag spesial yaitu **-DCMAKE_PREFIX_PATH** yang ditetapkan dengan absolute path tempat direktori PoissonSolver3DCylindricalGPU dibangun.
```console ```console

Loading…
Cancel
Save